Travelling

Riam Pancur Aji Sanggau, Kalimantan Barat

Masyarakat Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat mengenal air terjun dengan sebutan Riam. Riam Pancur Aji terletak di Kab. Sanggau, Kalimantan Barat. Lokasi air terjun ini sangat mudah terlihat dari jalan raya utama. Terdapat plang nama pada gerbang jalan masuk menuju ke riam.

Untuk menuju kesana dari pusat Kota Sanggau membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan berkendara. Hanya saja saat ini sedang ada perbaikan jalan, yang membuat akses kesana sedikit tidak nyaman karena harus melalui jalan dari tanah kuning dan bergelombang. Namun hal itu tidak menyurutkan niat saya untuk berkunjung ke Riam Pancur Aji.

riam pancur aji

Sebenarnya ini adalah kali ke-2 kesana. Sebelumnya saya sudah pernah kesana sekitar 6 tahun yang lalu. Kali ini saya membawa teman yang kebetulan baru pertama kali ke Sanggau dan sangat ingin mengunjungi Riam Pancur Aji.
Setelah tiba di pos utama, anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang, sangat murah bukan. Kebetulan kami ber-4 kesana dengan menggunakan Mobil. Biaya parkir mobil Rp 5.000,- per mobil. Terdapat riam lain yaitu Riam Setapang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Riam Pancur Aji.

Begitu tiba di lokasi, tak pikir panjang kami segera nyemplung kedalam air. Air nya sangat dingin, ya namanya juga air gunung. Meskipun tidak terlalu tinggi, palingan sekitar 5 meter, namun cukup lah untuk menikmati sebuah air terjun. Disini tersedia toilet umum dan kamar bilas.

riam pancur aji

Kami berkunjung kesana pada hari Rabu, sepertinya memang sepi pada saat weekday. Tidak terlihat ada pengunjung lain, hanya ada kami ber-4. Jadi serasa memiliki air terjun pribadi. Hehe

riam pancur aji

Kami menikmati moment disana dengan leluasa dan seru. Segarnya air gunung menghilangkan penat rutinitas sehari-hari. Saya merasa enjoy dan bermain air hingga lupa waktu. Oh ya bagi Anda yang ingin kesana harap menjaga kebersihan lingkungan ya, jangan sampai membuang sampah sembarangan. Saya melihat beberapa area disana terdapat sampah bekas snack dan minuman, sayang sekali pemandangan alam yang indah ini menjadi rusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Langit sudah mulai terlihat gelap, kami pun mengakhiri keseruan di tempat ini dan bersiap-siap untuk pulang. Next time jika ke Sanggau lagi, saya pasti akan menyempatkan diri untuk kembali ke Riam Pancur Aji

Salam Pesona Indonesia,
Adam Akbar

Subscribe My Youtube Channel

Baca juga :

Air Terjun Tambalang Berau, Kalimantan Timur

Gunung Kelud, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *