suasana pantai dengan pasir putih
Travelling

Menikmati Pulau Pribadi di Temajo Bay Resort

“Berasa memiliki pulau pribadi”, mungkin itu yang bisa kamu rasakan ketika berada di pulau ini. Temajo Bay Resort adalah sebuah resort yang berada di pulau Temajo Mempawah, Kalimantan Barat.
Saya sebetulnya sudah penasaran sejak lama ingin berliburan kesini. Tetapi karena waktu yang belum memungkinkan untuk kesana. Maklumlah anak kantor dengan waktu yang sangat terbatas, hehe

Senin, 29 Juli 2019

Ketika itu saya janjian meet up bersama Prima dan Multi di salah satu warkop dekat Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Nah awalnya kami janjian di warkop tersebut untuk membahas rencana kerjasama. Setelah kurang lebih 30an menit kami membahas kerjaan, terbesitlah ide saya untuk mengajak mereka ke Pulau Temajo. Kebetulan Prima dan Multi merupakan salah satu tim promosi di Temajo Bay Resort. Jujur awalnya hanya candaan saja tetapi respon mereka sangat antusias ingin menemani saya kesana. Setelahnya saya mencoba menghubungi beberapa teman lain untuk kesana.
Dan yes.. akhirnya di hari tersebut pula rencana dadakan tadi kami fixkan untuk berangkat besok. Ya rencana dadakan yang memang mungkin beberapa teman pernah alami untuk mengagendakan liburan dadakan. Soalnya beberapa liburan yang kita rencanakan jauh-jauh hari malah lebih sering batal, betul kan ?

Selasa, 30 Juli 2019

Pagi-pagi sekali saya bangun bersiap untuk berangkat karena memang saya excited banget untuk menginjakkan kaki di pasir putih Pulau Temajo. Setelah sarapan kami bertemu di titik kumpul (tempat saya bekerja di Kota Singkawang). Dan perjalanan pun dimulai…..

Dari Singkawang kami harus mengendarai mobil kurang lebih 45 menit untuk sampai di dermaga penyebrangan sungai kunyit. Untuk saat ini belum ada Dermaga dan Kapal khusus untuk membawa para wisatawan ke Pulau Temajo, ya semoga saja kedepannya dengan dibangunnya Pelabuhan Internasional di Sungai Kunyit akses transportasi dan fasilitas menuju ke Pulau Temajo akan jauh lebih baik lagi, Amin.

Akhirnya kami sampai di dermaga, saya pun sigap langsung memarkir mobil di halaman salah satu warga setempat dengan biaya parkir Rp 20.000,-.
Perjalanan selanjutnya kami tempuh melalui jalur laut, ya namanya juga ke Pulau. Kapal yang kami tumpangi adalah kapal nelayan, karena seperti yang tadi saya sampaikan untuk menuju Pulau Temajo belum ada kapal khusus penumpang tetapi saya pastikan kapal nelayan tersebut layak kok untuk ditumpangi dan tersedia pula life jacket jadi lumayan safety ya.

Satu persatu kami mulai naik ke dalam kapal berikut dengan barang bawaan. Di dalam kapal tersebut ternyata ada juga rombongan lain yang akan berlibur ke Pulau Temajo. Setelah semuanya masuk kedalam kapal dengan posisinya masing-masing, kami pun siap berangkat. Let’s go……

Kapal Nelayan

Pada saat itu ombak sangat bersahabat jadi kami sangat menikmati perjalanan ini. Disekitar pemandangan hamparan laut yang sangat indah itu, terlihat sedang ada pengerjaan pelabuhan, wah rasanya tidak sabar sekali menantikan pelabuhan baru yang pastinya akan membawa banyak dampak positif untuk warga sekitar terutama dari segi ekonomi.

Ditengah perjalan sudah terlihat pulau yang entah saya tidak tahu pulau apa namanya, sepertinya pulau tidak berpenghuni. Info dari Multi bahwa Pulau Temajo berada di belakang pulau tersebut. Wah semakin membuat saya tidak sabar melihat pesona Pulau Temajo.

Dan akhirnya Pulau Temajo sudah terlihat dari kejauhan, mata saya pun terarah kesana. Semakin dekat, putihnya pasir dan birunya air memusatkan perhatian saya. Sontak mengingatkan saya pada pulau terakhir yang saya kunjungi, salah satu pulau di Kab. Berau, Kalimantan Timur.
Begitu sampai kami langsung disambut oleh petugas resort dengan membawa kursi plastik yang ternyata kursi tersebut digunakan untuk turun dari kapal. Oh ya saat ini belum ada dermaga khusus penghubung kapal ke daratan jadi semuanya masih berasa alami.

pulau temajo dari atas

Sambutan petugas resort sangat nyaman dan hangat, beberapa petugas menyapa Multi dan mengarahkan kami ke Villa yang terletak di belakang Resto, sedikit naik ke atas tapi tenang aja ga jauh kok. Setelah mendapatkan kunci kamar, kami bergegas untuk naik ke Villa. Bangunan villa full dari kayu, tidak terdapat AC tetapi terdapat kipas angin. Tersedia 1 tempat tidur besar yang dilengkapi dengan selimut dan bantal standar hotel, selain itu tersedia juga 4 extrabed. Total untuk 6 orang sesuai dengan pesanan kami. Susana kamar mandi nyaman dilengkapi dengan toilet duduk, sabun, shampoo dan pastinya handuk.

Untuk saat ini Temajo Bay Resort hanya menyediakan 2 villa, 2 kamar biasa, dan terdapat beberapa tenda yang cocok untuk teman-teman yang suka menginap ala ala petualang. 1 villa bisa di tempati hingga 8 orang dan 1 kamar biasa bisa ditempati maksimal 5 orang. Disana tidak terdapat TV jadi buat teman-teman yang sering menghabiskan waktu untuk nonton TV diskip dulu ya selama disana.

kamar di temajo bay

Setelah mengemasi barang-barang, kami pun dihubungi oleh petugas resort untuk makan siang di resto. Oh ya paket yang kami ambil adalah paket 2 hari 1 malam lengkap dengan (Villa, 1 x sarapan, 2 x makan siang, 1 x makan malam, dan fasilitas lainnya).
Setelah makan siang kami menikmati fasilitas yang ada disini :
– Lapangan Basket
– Bola Voli
– Sepeda
– Kano
– Snorkeling

lapangan basket

Kami menikmati pantai dan suasana sunset yang sangat indah, benar-benar mempesona. Kami larut dalam suasana pantai yang tenang, nyaman dan sangat aman bagi anak-anak karena hamparan pasir yang sangat luas dan juga dangkal. Terdapat kursi santai, ayunan, dan beberapa spot menarik lainnya untuk foto yang instagramable banget.

pohon kelapa

garden gate

istirahat di kursi pantai

kursi pantai dengan payung

Setelah selesai beraktivitas kami bersiap-siap untuk makan malam. Suasana malam disana sangat tenang dan benar-benar berasa seperti pulau pribadi. Karena memang hanya ada 1 resort dan jumlah pengunjung juga dibatasi oleh pengelola. Mungkin selain karena villa dan kamar yang terbatas, juga ingin memberikan kesan eksklusif.

pantai di pulau temajo

pemandangan pantai dengan kursi dan meja

Itulah sedikit cerita pengalaman saya dan teman-teman menikmati keindahan pulau temajo di Pulau Temajo, mungkin diantara teman-teman yang sudah pernah kesana boleh share pengalamannya pada kolom komentar ya….