diatas kapal, view danau dan hutan
Travelling

Labuan Cermin, Pesona Danau Cantik 2 Rasa

Jika anda seorang traveler, Berau memang menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi. Selain Pulau Derawan dan Pulau Maratua, pulau primadona yang sudah terkenal hingga mancanegara. Masih banyak lagi destinasi wisata lainnya, salah satunya seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu “Labuan Cermin”. Labuan Cermin merupakan objek wisata danau yang berlokasi di Kecamatan Biduk-Biduk, Kab. Berau, Kalimatan Timur. Untuk sampai kesini anda harus melewati jalur darat kurang lebih 8 jam dari Kota Tanjung Redeb. Danau ini sangat unik karena memiliki 2 rasa. Tawar di bagian permukaan dan asin di bagian dasar. Dinamakan Labuan Cermin karena airnya begitu bening seolah-olah layaknya sebuah cermin.

dermaga kapal air

Baca juga : Surga Kecil di Berau, Derawan Maratua dan Kakaban

Ada 2 alternatif untuk sampai ke Labuan Cermin, yaitu :

Jalur Air

Jika tujuan anda ke Berau adalah untuk wisata pulau, maka akses untuk ke Labuan cermin juga bisa anda tempuh melalui jalur air dari pulau yang anda kunjungi. Anda bisa mengatur itinerary yang pas sesuai dengan rute yang anda tempuh agar pejalanan lebih efektif.

Jalur Darat

Perjalanan saya ke Labuan Cermin adalah melalui jalur darat. Dari Kota Tanjung Redeb menuju ke Labuan Cermin memakan waktu kurang lebih 6-8 jam. View gunung dan pemandangan yang indah menghiasi perjalanan sehingga membuat waktu tersebut tidak terasa.

Baca juga : Menikmati Pulau Pribadi di Temajo Bay Resort

ucapan selamat datang labuan cermin

Begitu sampai di Biduk Biduk, kami melanjutkan perjalanan ke dermaga yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu. Untuk sampai ke Labuan Cermin anda harus menaiki kapal kecil kurang lebih 15 menit dari dermaga tersebut. Nah kapal yang anda tumpangi ini, nantinya akan menjadi objek foto di Labuan Cermin, seperti foto saya dibawah ini.

diatas kapal air, view danau dan hutan

Tips : sebisa mungkin anda datang pagi-pagi sekali agar anda bisa mengambil foto lebih leluasa

Sepanjang perjalanan dari Dermaga menuju ke Lokasi, anda bisa melihat air yang begitu bening. Pemandangan hutan rimbun menambah indahnya suasana sekitar. Mata saya berdecak kagum tak henti-hentinya. Wah.. salah satu mahakarya Tuhan yang maha kuasa.

bersama teman foto diatas kapal di bawah jembatan

Begitu tiba di Lokasi kami segera bergantian untuk foto di atas perahu. Style foto yang begitu ikonik di Labuan Cermin. Tak mau ketinggalan saya pun juga ingin mengabadikan moment tersebut.

dermaga danau labuan cermin

Pesona danau cantik 2 rasa ini membuat saya tak sabar ingin segera nyemplung. Tak pikir panjang, saya pun melancarkan aksi untuk terjun ke dalam danau. Pemandangan di dalam danau benar-benar jernih. Tumbuhan air tawar dan ikan-ikan kecil terlihat dengan jelas.

berenang didalam danau didalam air, terlihat ikan dan tumbuhan air tawar berenang didalam danau

Setelah puas sekitar 3 jam di Danau Labuan Cermin, kami pun bersiap-siap untuk segera kembali pulang. Saya sungguh menikmati perjalanan ini dan tak henti-hentinya memuji keindahan dari Sang Maha Kuasa. Danau Labuan Cermin, Danau Cantik 2 Rasa yang wajib anda kunjungi ketika anda berliburan ke Berau. Kalimantan Timur.

Tonton Video Labuan Cermin, Pesona Danau Cantik 2 Rasa DISINI

Salam Pesona Indonesia,
Adam Akbar

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *