Batu Caves dan Genting Highlands
Travelling

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highlands

Day 2 – Hari ini saya merencakan untuk wisata ke Batu Caves dan Genting Highlands dengan menggunakan transportasi umum. Ini adalah kali pertama saya ke Batu Caves dan Genting Highlands. Dan saya bepergian hanya sendirian. 🙂

Pagi-pagi sekali saya bangun dan bersiap-siap untuk segera berangkat. Dari hotel saya berjalan kaki menuju stasiun Imbi menaiki Monorail menuju ke KL Sentral. Dan dari KL Sentral itu lah perjalanan saya dimulai.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, komuter

Baca juga (Day 1) Explore Kuala Lumpur : Bandara KLIA2 ke Bukit Bintang

Baca juga (Day 3) Explore Kuala Lumpur : City Tour by Bus KL Hop On Hop Off

Batu Caves

Setelah tiba di KL Sentral dari Stasiun Imbi, perjalan ke Batu Caves saya lanjutkan dengan menaiki KTM Komuter dengan biaya RM 2.60

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, platform

Patung Dewa Murugan (Ikon Batu Caves) sudah mulai kelihatan, tandanya tak lama lagi akan segera sampai. Benar saja tak lama setelahnya saya sampai di Stasiun Batu Caves. Lokasi yang akan saya tuju tidak jauh dari stasiun, bisa ditempuh cukup dengan berjalan kaki saja. Arah menuju ke Batu Caves tinggal belok ke kanan dari arah keluar stasiun lalu turun kebawah. Setelah itu tinggal ikuti saja petunjuk arahnya.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, dewa mugan

Disepanjang jalan menuju ke lokasi utama, banyak pedagang India yang menjual makanan hingga souvenir. Dan sepertinya semua pedagang adalah orang India karena saya tidak menemui pedagang lain selain orang India. Mereka juga menjual makanan burung karena disana banyak burung Merpati yang bisa menjadi salah satu spot foto menarik.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highlandm, burung merpati

Baca juga : 3 hari 2 malam di Kuching : Keluar Negeri Pertama Kali

Begitu tiba di Lokasi utama, Patung Dewa Murugan terlihat dengan kokoh dan besar, tinggi menjulang. Di sisi kirinya terdapat tangga warna warni yang menghubungkan ke Gua atas. Tentu saja saya tak sabar ingin segera naik ke atas.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, tangga

Terlihat orang-orang India yang naik turun dengan berpakaian khas India dan membawa peralatan Ibadah. Di atas terdapat beberapa kuil dan orang-orang yang sedang beribadah di kuil tersebut.

Hati-hati bagi Anda yang membawa barang dan makanan karena terdapat banyak sekali kera yang sangat aktif mendekati kita. Terlihat beberapa kera berusaha mengambil makanan dari para pengunjung.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, kera

Setelah puas melihat pemandangan dari atas saya pun segera kebawah untuk melanjutkan kembali ke tujuan berikutnya.

Tips : sebisa mungkin datang lebih pagi, supaya bisa mengabadikan foto lebih leluasa

Genting Highlands

Dari Batu Caves saya kembali ke KL Sentral untuk melanjukan perjalanan ke Genting Highlands. Dan dilanjutkan dengan menggunakan Bus Go Genting dari KL Sentral. Bus Go Genting berada di 1 lantai ke bawah dari area stasiun utama KL Sentral.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, kaunter tiket

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, bis go genting

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, dalam bus

Biaya bus ke Genting Highland :

• KL Sentral – Awana Genting RM 4.90
  • Awana Skyway RM 9.00
  • Total PP = RM 27.8

Tips :

Sebisa mungkin anda membeli tiket Bus + Skyway untuk Pulang dan Pergi agar anda tidak perlu antri lagi untuk pembelian tiket. Dan bisa saja tiketnya habis terutama pada saat high season.

Jadwal BUS PP bisa anda lihat pada loket pembelian tiket

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, tiket bus

Dari KL Sentral ke Awana Genting ditempuh selama 45 menit – 1 jam, tergantung situasi jalan raya. Setelah tiba di terminal Awana Genting dilanjutkan dengan menaiki Skyway yang berada di lantai 3 dari gedung terminal. Anda akan menaiki skyway kurang lebih 15 menit  untuk tiba di Genting Highlands. Anda bisa melihat hamparan bukit dan hijau pepohonan dari atas. Dan bagi Anda yang takut akan ketinggian sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu sebelum menaiki Skyway.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, antri

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, skyway

Genting Highlands menyediakan failitas berupa mall perbelanjaan yang begitu besar, tempat perjudian yang pastinya legal, hotel dan resort, theme park, dan lain-lain. Waktu saya selama 6 jam disana, saya habiskan dengan berajalan mengelilingi mall, makan, belanja, bermain, dan nonton bioskop.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, dalam genting

Untuk anda yang kesini bersama keluarga tentunya tempat ini bisa menjadi surga bagi anak-anak karena tersedia banyak macam permainan indoor.

Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highland, skytropolis

Waktu sudah menunjukkan pukul 19.30 dan saya pun segera kembali menuju ke terminal Awana untuk kembali ke hotel. Bus yang saya tumpangi akan berangkat pada pukul 20.30, sekaligus menjadi bus terakhir dari Genting menuju KL Sentral.

Tips : Perhatikan jadwal keberangkatan bus, sebisa mungkin kasi jeda 1 jam dari Genting Highlands menuju ke terminal karena tentunya anda harus memperhatikan waktu perjalanan dari posisi anda ke skyway, diteruskan skyway ke terminal, belum lagi di tambah antrian skyway

Sekian cerita hari-2 saya meng-explore Malaysia, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi teman-teman.