coban kromo
Travelling

Coban Kromo, Tulungagung, Jawa Timur

Tulungagung memang bisa menjadi kota tujuan wisata bagi anda yang sedang ke Jawa Timur. Banyak sekali wisata yang bisa anda explore saat berada di Kota Marmer yang satu ini. Nah ada 1 tempat wisata unik yang wajib anda datangi ketika berada di Tulungagung yaitu, Coban Kromo.

Coban Kromo terletak di Desa Palem, Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur. Untuk menuju kesana membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dari pusat kota. Akses kesana sangat mudah dan bisa diakses hingga kendaraan roda 4. Biaya retribusi sebesar Rp 5.000,- anda sudah bisa menikmati Coban Kromo.

coban kromo

Ada 2 spot yang saya kunjungi di Coban Kromo yaitu Air Terjun Kaliso dan Luweng. Spot pertama yang saya kunjungi adalah Air Terjun Kaliso. Kalau boleh jujur tujuan utama saya ke Coban Kromo adalah Luweng. Saya malah tidak tahu bahwa disana terdapat spot lain. Atas anjuran dari masyarakat disana saya diarahkan ke Air Terjun Kaliso yang saya pikir air terjun kaliso itu adalah Luweng. Hehe

Untuk menuju ke Air Terjun Kaliso anda harus melewati jalan setapak naik ke atas. Jalannya sangat licin, jadi harap waspada. Air Terjun dengan tinggi kurang lebih 25 meter ini cukup bisa menghibur saat hati dilanda galau, hehe. Karena jelas sangat indah.

coban kromo

Setelah itu saya melanjutkan ke spot kedua, yaitu Luweng. Nah luweng ini yang menurut saya menjadi ikonik di Coban Kromo. Kolam alami di pinggir tebing ini membuat anda seakan-akan sedang menikmati private pool di resort-resort mewah. Bahkan ini jauh lebih mempesona.

Sama seperti Air Terjun Kaliso, untuk mencapai Luweng anda harus melalui jalan setapak dari tanah dan bebatuan yang sangat licin. Jalannya sangat terjal dan sesekali anda harus melewati tebing yang curam. Wah… medannya lumayan memancing adrenalin. Beberapa kali saya nyaris kepeleset. Namun begitu tiba di lokasi semua itu terbayarkan. Luweng ini sangat indah.

Kolam alami ini membuat saya tak sabar untuk segera nyemplung. Pemandangan disekitar yang hijau dari hutan dan gunung sekitar membuat saya sangat enjoy menikmati Luweng. Rasanya begitu damai dan tentram. Hehe

Kolam ini sangat dalam dan airnya begitu dingin. Terlihat banyak sekali muda mudi yang kesini. Memang tempat wisata yang satu ini tidak cocok untuk anak-anak dan orang yang sudah lanjut usia. Setelah puas mandi dan menikmati pemandangan alam di Coban Kromo, saya pun segera pulang.

Jadi itulah sedikit cerita pengalaman saya saat berkunjung ke Wisata Coban Kromo, Tulungagung. Yakin anda tak ingin mecobanya ?

Salam Pesona Indonesia,
Adam Akbar

Nonton Coban Kromo Tulungagung

Baca juga :

Candi Dadi, Tulungagung, Jawa Timur

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Jawa Timur

Gunung Kelud, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *