Travelling

Candi Dadi, Tulungagung, Jawa Timur

Candi Dadi terletak di Desa Wajak Kidul, Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur. Untuk menuju kesana tidak terlalu sulit. Hanya saja anda perlu sedikit mendaki bukit karena posisi candi berada di atas.

Pada saat itu saya menempuh waktu kurang lebih 40an menit mendaki bukit dengan berjalan santai sambil berhenti di beberapa area untuk melepas lelah.

Sebelum mencapai Candi Dadi terdapat candi-candi lain dibawahnya. Hanya saja kini candi-candi tersebut sudah rusak. Bahkan Candi Dadi juga sudah kelihatan mulai rusak dan terkikis. Infonya tidak ada pemugaran dari candi ini, jadi masih terlihat asli dan alami.

candi dadi

Uniknya dari candi ini adalah bentuknya yang memiliki lubang seperti sumur besar di tengah dan berada di bagian paling atas. Tidak terdapat anak tangga menuju ke atas, sehingga anda diharuskan untuk memanjat. Candi ini adalah candi tunggal yang tidak memiliki hiasan dan arca.

Hal yang menarik menurut saya adalah candi ini berada di atas bukit dan ketika sampai di puncak candi anda akan melihat hamparan pemandangan hijau di sekeliling. Melihat posisi candi ini saya memikirkan dahulu kala saat candi ini di bangun betapa penuh perjuangan jika harus mengangkut material ke lokasi candi.

Sebagian masyarakat sekitar menggunakan candi tersebut sebagai sarana berdoa untuk mendapatkan berkah dari yang maha kuasa. Jadi tak heran jika anda menemukan sesajen di dalam lubang besar pada bagian atas candi. Bahkan ada juga masyarakat dari Kediri dan Blitar yang datang berdoa di Candi Dadi.

Salam Pesona Indonesia,
Adam Akbar

Nonton Candi Dadi Tulungagung

Baca juga :

Gunung Kelud, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Jawa Timur

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *