Travelling

Air Terjun Tambalang Berau, Kalimantan Timur

Berau tidak hanya memiliki Pulau Derawan dan Pulau Maratua yang menjadi ikon wisatanya. Masih banyak destinasi wisata lain yang bisa anda explore saat berada di Berau. Saya akan menceritakan perjalanan saya menyusuri salah satu destinasi wisata tersembunyi, Pesona Air Terjun Tambalang, Berau , Kalimantan Timur.

Baca juga Surga Kecil di Berau, Derawan Maratua dan Kakaban

Air Terjun Tambalang berlokasi di Kampung Tepian Buah, Kec. Segah, Kab. Berau, Kalimantan Timur. Perjalanan kesana kurang lebih 1,5 – 2 jam dari Kota Tanjung Redeb, pusat kota Berau. Pada akhir pekan tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam kota maupun luar kota.

Kebetulan saya bertemu rombongan yang juga berasal dari kota yang sama dengan saya, Kota Pontianak. Kami berkenalan dan berbincang. Mereka kebetulan sedang ada kegiatan di Berau dan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Air Terjun Tambalang.

air terjun tambalang berau

Uniknya dari air terjun ini adalah untuk sampai di lokasi anda harus menyusuri sungai  dengan menggunakan perahu ketinting kemudian  melanjutkan perjalanan dengan menyusuri hutan sejauh 1.5 km. Selama perjalanan menyusuri hutan, beberapa kali kita akan melewati jembatan dari 1 batang pohon besar, jadi harap berhati-hati.

air terjun tambalang berau perahu ketinting

Baca juga Labuan Cermin, Pesona Danau Cantik 2 Rasa

Terdapat beberapa tingkatan pada Air Terjun Tambalang. Setiap tingkatan selalu mempunyai sensasi yang berbeda. Rute ke tingkatan atas rada sedikit curam. Jalan setapak sangat kecil dan sempit, berada pada pinggir tebing maka anda harus waspada. Beberapa teman saya ada yang menyerah dan tak mampu melanjutkan perjalanan ke air terjun tingkat atas. Ya karena memang semakin naik, maka jalan setapak semakin menukik tajam. Tapi begitu tiba diatas, saya mendapatkan rasa kepuasan tersendiri yang tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

air terjun tambalang berau

Disana anda bisa terapi ikan dari ikan asli yang ada di Air Terjun Tambalang. Bagi anda yang pertama kali rasanya seperti ditusuk-tusuk namun tidak sakit, melainkan sedikit geli. Saya melihat ada kelompok yang sedang berkemah disini.

Menurut saya Air Terjun Tambalang tidak terlalu tinggi, tetapi perjalanan menuju ke lokasi yang membuat saya sangat berkesan. Dari pusat kota menuju ke kecamatan segah, kemudian dilanjutkan dengan menaiki ketinting, dan berjalan kaki menyusuri hutan. Sungguh pengalaman yang seru dan tak terlupakan.

Nonton Air Terjun Tambalang – Berau, Kaltim

Salam Pesona Indonesia,
Adam Akbar

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *