Hop On Hop Off menara petronas
Tips

10 Tips Membuat Itinerary Ala Adam Akbar

Itinerary atau Rencana Perjalanan adalah hal wajib yang harus anda lakukan ketika ingin berlibur. Anda bisa mengontrol waktu dan biaya dari itinerary yang sudah anda siapkan sebelumnya. Selain itu itinerary membuat perjalanan anda lebih terarah dan teratur, mulai dari awal hingga akhir perjalanan. Bagaimana cara membuat itinerary, berikut saya berikan 10 Tips Membuat Itinerary ala Adam Akbar

Baca juga Explore Kuala Lumpur : City Tour by Bus KL Hop On Hop Off

10 Tips Membuat Itinerary Ala Adam Akbar

1. Tentukan Destinasi atau Tujuan

Tentunya hal pertama yang mesti dilakukan adalah menentukan Destinasi atau Kota Tujuan. Ingin kemanakah anda dan kenapa anda ingin kesana.

2. Cari informasi tentang Destinasi atau Kota Tujuan

Setelah anda sudah menentukan destinasi atau kota tujuan, maka hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah cari informasi tentang destinasi tersebut. Pelajari tentang kebudayaan, tempat-tempat wisata, akses, fasilitas, dan apa saja yang ingin anda ketahui. Anda bisa mencari informasi dari travel blogger, youtube, atau bisa saja melalui rekan yang sebelumnya sudah pernah ke tempat tersebut.

3. Tentukan apakah anda pergi sendiri, bersama partner, atau rombongan

Selanjutnya anda harus menentukan apakah anda pergi sendiri, bersama rekan, atau rombongan. Karena point ke-3 ini akan berpengaruh pada point-point berikutnya. Misal anda pergi sendri, maka anda lebih bebas dalam menentukan hotel, tujuan dan lain-lain. Tetapi jika anda pergi bersama pertner atau rombongan maka anda tentunya harus berkompromi bersama rekanan tehadap pemilihan hotel, destinasi dan lain-lain namun akan membuat perjalanan anda lebih irit biaya karena bisa sharing biaya taksi, hotel, dan lain-lain.

4. Perhatikan waktu liburan anda

Tentukan kapan anda akan mengambil waktu liburan. Khusus bagi anda yang pekerja pastikan sebelum anda membeli tiket pesawat, cuti atau day-off anda sudah di setujui oleh atasan. Lalu pelajari juga periode waktu tersebut sedang berlangsung atraksi apa dan apakah sedang high atau low season.

5. Cek Harga Tiket dan Hotel

Tentukan maskapai dan hotel mana yang akan anda gunakan. Jangan lupa untuk melakukan perbandingan harga dari beberapa offline dan online travel agent. Untuk hotel jangan terpaku pada harga murah. Pastikan anda cek dulu review hotel tersebut dan lokasi juga perlu diperhatikan. Perkirakan  jarak hotel dan destinasi tujuan anda.

6. Cari informasi seputar tempat makan

Dalam itinerary sangat penting mengatur dimana anda akan makan. Apakah di tempat wisata atau restoran lain. Selain tempat, waktu anda makan juga sangat penting. Maka anda perlu mengatur itu semua agar bisa lebih terarah dan menghemat waktu. Anda bisa mencari informasi tempat makan melalui media internet atau rekomendasi dari rekan anda.

7. Cari informasi tentang pusat perbelanjaan oleh-oleh

Sebagian orang menganggap oleh-oleh adalah hal wajib sebelum kembali ke kota asal. Bagi anda yang memang berniat membelikan oleh-oleh untuk kerabat anda maka carilah informasi mengenai pusat perbelanjaan oleh oleh.

8. Cari informasi tentang transportasi lokal

Sebelum berangkat tentukan terlebih dahulu transportasi apa yang akan anda gunakan selama anda berada disana. Apakah transportasi umum seperti bus dan kereta api. Atau apakah anda perlu menyewa kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Jika anda menggunakan transportasi umum maka pelajari jadwal, rute, dan biayanya.

10 tips membuat itinerary bus wisata

9. Menyusun anggaran atau budget

Setelah point 1-8 sudah anda tentukan maka saatnya anda menyusun budget. Jika anggaran tersebut tidak sesuai dengan budget yang anda miliki, maka anda perlu merevisi anggaran. Susunlah kembali sesuai dengan budget anda, hindari kesalahan yang kerap kali sebagian orang lakukan yaitu “liburan ngutang”. Jangan sampai demi liburan membuat anda meminjam uang. Alih alih untuk refreshing malah bikin stress mikirin hutang nantinya.

10. Membuat jadwal perjalanan

Setelah semuanya telah anda susun dan sudah OK, tibalah saatnya anda membuat jadwal perjalanan ke dalam sebuah table. Data-data ditable ini adalah point-point yang sudah anda tentukan dari point 1-9. Nah table ini lah nanti yang menjadi acuan itinerary anda. Beberapa unsur yang ada di dalam table tersebut adalah : hari/tanggal, waktu, tempat atau lokasi, detail atau keterangan. Anda bisa menambahkan detail seperti no penerbangan, nama dan alamat hotel, no telp resto, dan keterangan lain yang ingin anda tambahkan. Buatlah table dengan jelas dan mudah anda gunakan. Jika masih bingung, anda bisa melihat contoh table Itinerary pada internet.

Baca juga 3 hari 2 malam di Kuching : Keluar Negeri Pertama Kali

Nah setelah anda selesai membuat jadwal perjalanan maka anda sudah siap untuk liburan. Pastikan anda juga harus menjaga stamina dan kesehatan selama perjalanan.

Jadi itulah 10 Tips Membuat Itinerary Ala Adam Akbar, tentunya dengan menyiapkan itinerary membuat perjalanan liburan anda lebih efektif dan efisien baik dalam hal waktu maupun biaya. Selamat berlibur !!!

Nonton Explore Kuala Lumpur : Batu Caves dan Genting Highlands

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *