Tips

10 Tips ke KL (Kuala Lumpur) Ala Adam Akbar

Liburan tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi semua orang. Sebagian orang menjadikan liburan sebagai obat penghilang stress. Aktivitas sehari-hari mulai dari kantor, sekolah, kampus, dan lain-lain yang rutin kadang membuat orang merasakan kejenuhan. Maka tak ada salahnya kita beristirahat sejenak sambil mengisi “Me Time” untuk liburan. Nah bicara soal liburan, barangkali diantara Anda ada yang berencana liburan di Kuala Lumpur untuk pertama kali. Maka berikut ini saya berikan 10 tips ke KL (Kuala Lumpur) Ala Adam Akbar.

10 Tips ke KL Ala Adam Akbar

1. Siapkan Paspor

Tentunya ini menjadi hal yang wajib ya, jangan sampai lupa dengan paspor. Pastikan sebelum membeli tiket, anda sudah memiliki paspor terlebih dahulu. Jika sudah memiliki paspor sebelumnya, pastikan anda cek lagi, siapa tau anda lupa menyimpannya, atau bahkan masa berlaku paspor sudah kadaluarsa. Sekedar informasi, masa berlaku paspor juga tidak boleh kurang dari 3 bulan. Nah ketika anda sudah berada di Kuala Lumpur, pastikan juga anda selalu membawa paspor kemanapun anda pergi.

2. Siapkan tiket PP dan Voucher Hotel

Setelah paspor sudah ditangan, maka selanjutnya anda perlu memesan tiket pesawat dan hotel. Saya sarankan anda untuk membeli tiket pesawat PP karena selain anda tidak perlu lagi memikirkan untuk membeli tiket pulang nantinya, pembelian tiket pesawat PP juga memudahkan anda pada saat ditanya Imigrasi di Bandara. Anda pasti akan ditanya kemana dan berapa lama di kota tersebut, nah anda tinggal menjawab dengan menyertakan bukti voucher hotel dan pesawat.

3. Membuat Itinerary

Itinerary atau rencana perjalanan harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum berangkat. Hal itu perlu dilakukan supaya liburan anda lebih efektif dan efisien. Apalagi anda pekerja kantoran yang memiliki waktu liburan sangat terbatas. Bagi anda yang masih bingung membuat itinerary silahkan baca 10 Tips Membuat Itinerary Ala Adam Akbar

4. Menggunakan KLIA Express dari KLIA atau KLIA2

Begitu tiba di Bandara KLIA atau KLIA2 ada berbagai macam transportasi yang bisa anda gunakan untuk menuju ke tempat tujuan atau hotel yang anda pesan. Nah bagi anda yang waktunya terbatas alias padat, maka saya sarankan anda untuk menggunakan KLIA Express. Transportasi kereta cepat yang satu ini akan mengantarkan anda pada KL Sentral (stasiun utama di KL) setelah itu anda tinggal melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya dengan menggunakan kereta lain yang ada di KL Sentral. Manfaat lainnya dengan menggunakan KLIA Express adalah anda tidak akan mengalami kemacetan, lumayan bisa menghemat waktu perjalanan.

Baca juga Explore Kuala Lumpur : Bandara KLIA2 ke Bukit Bintang

5. Menginap di daerah Bukit Bintang

Bagi anda yang pertama kali ke KL, saya sarankan untuk  menginap di daerah Bukit Bintang. Karena disana sangat ramai, terdapat banyak pusat mall perbelanjaan, dan akses kemana-mana juga gampang. Tersedia banyak cafe and resto. Suasana malam disana juga enak untuk dinikmati. Jika memungkinan lebih baik menginap di hotel yang dekat dengan stasiun bukit bintang atau stasiun imbi, jadi anda cukup berjalan kaki menuju ke stasiun.

6. City Tour by KL Hop On Hop Off Bus

Jika ingin mengelilingi kota Kuala Lumpur sekalian city tour maka anda bisa menggunakan Bus KL Hop On Hop Off. Cukup 1 kali bayar dengan pilihan waktu tiket 24 jam atau 48 jam, maka anda bisa mengelilingi kota KL dengan 27 kali pemberhentian. Bus ini akan melewati tempat-tempat wisata termasuk landmark yang menjadi ikon KL yaitu Menara Petronas (Twin Tower)

10 tips ke KL outdoor bus
Bus Hop On Hop Off

7. Beli tiket Bus Go Genting dan Skyway PP

Tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Kuala Lumpur adalah Batu Caves dan Genting Highland. Nah jika anda ingin ke Genting Highland, anda bisa menggunakan bus Go Genting yang ada di KL Sentral. Saya sarankan anda sekalian membeli tiket Skyway jadi anda tidak perlu antri lagi di terminal genting untuk membeli tiket skyway. Selain itu lebih baik anda membeli tiketnya untuk pulang dan pergi agar tiket tidak kehabisan, apalagi kalo waktu kesana adalah musim libur. Jika kehabisan tiket bus memang anda bisa menggunakan alternatif lain seperti taksi, tetapi harganya sangat mahal.

10 tips ke KL tiket bus
Loket Tiket Bus Go Genting

8. BAK / BAB sebelum berangkat ke Genting

Sebelum bus ke Genting berangkat, pastikan anda tidak sedang ingin BAB atau BAK karena di bus tersebut tidak tersedia toilet. Kebayangkan bagaimana rasanya menahan BAK/BAB selama 45 menit -1 jam di tengah perjalanan. hehehe

9. Baju Ganti, Topi, Payung, dan Tas

Sebelum anda memulai aktivitas untuk explore KL, saya sarankan anda untuk menyiapkan Baju Ganti, Topi, Payung, dan Tas. Fungsinya adalah Baju bisa anda gunakan untuk berganti-ganti sehingga foto-foto anda tidak hanya monoton pada 1 baju saja (terutama buat kaum hawa nih, pastinya menginginkan foto yang perfect). Topi bisa melindungi kepala dari serangan terik matahari di siang hari. Payung tentunya antisipasi kalau terjadi hujan. Dan tas tempat menyimpan semua barang-barang yang anda bawa di atas. Selain itu charger hp atau kamera juga wajib anda bawa atau mungkin ada barang-barang lain yang memang anda butuhkan saat perjalanan wisata.

10. Snack dan Minuman

Usahakan anda juga membawa snack dan minuman. Setidaknya bisa mengantisipasi saat anda merasa lapar dan dahaga. Bisa saja itu terjadi saat di tengah perjalanan atau tempat yang tidak menyediakan makanan dan minuman. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua tempat boleh makan dan minum, salah satunya adalah di dalam kereta. Oh ya kalau bisa sih anda selalu membawa botol minuman sendiri supaya mengurangi penggunaan minuman kemasan plastik.

Jadi itu lah 10 Tips ke KL ala Adam Akbar, semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi anda yang berencana kesana secara backpackeran.

Nonton Explore Kuala Lumpur : KLIA 2 ke Bukit Bintang by KLIA Express dan KL Monorail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *